PEMBERITAHUAN JADWAL RTA XV AIPNI TAHUN 2016

Kegiatan RTA XV AIPNI tahun 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 13-16 Oktober 2016 (4 Hari 3 Malam) di HOtel BW Suite Kota Belitung - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Read more...

International Conference on Aging Saint Louis College dengan Co-Host STIKES Bali

Berikut kami sampaikan informasi mengenai international conference on aging yang diselenggarakan oleh Saint Louis College dengan STIKES Bali sebagai Co-Host.

Read more...

Penerima AINEC Research Awards tahun 2015

Sehubungan dengan telah dimulainya program Hibah AINEC Research untuk tahun 2015 dan telah diseleksi proposal yang masuk

Read more...

Undangan dari St Paul University Philippines

St Paul University Philippines Mengundang untuk berpartisipasi dalam (Problem-Based Learning) BPL yang akan di laksanakan pada 10-24 Agustus 2015

Read more...

Pengumuman Penerima hibah AINEC Research Awards 2015

Merujuk surat kami no. 061/AINEC.Ka.Sr/III/2015 perihal Hibah AINEC Research Award tahun 2015, berikut kami sampaikan nama-nama penerima hibah Kompetitif dan hibah Pembinaan (terlampir). Kami ucapkan Selamat kepada Bapak/Ibu yang diterima proposal penelitiannya pada program hibah AINEC Research Award tahun 2015.

Read more...

Audiensi dengan Direktorat Akademik DIKTI Depdiknas

Update: 17/04/2011 jam 14:02, oleh: , kategori: Kegiatan AIPNI

Audiensi pengurus AIPNI dengan Direktur Akademik DIKTI Depdiknas sudah dilakukan beberapa kali. Pertemuan dimaksudkan untuk mendapatkan arahan dan klarifikasi terkait  kebijakan dalam proses penyelenggaraan Pendidikan Program Profesi (Ners).

Beberapa hasil audiensi yang signifikan untuk para anggota adalah diberikannya Surat Keputusan pemutihan kepada 40 anggota AIPNI yang dianggap memenuhi syarat (lampiran 1) walaupun sebelumnya AIPNI telah mengusulkan sebanyak 57 institusi untuk diputihkan (lampiran 2). Selain itu, penyelenggaraan program profesi telah diijinkan pada institusi yang telah memiliki akreditasi C yang sebelumnya harus memiliki akreditasi B.

Pelatihan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Perumusan Buku Kurikulum

Update: 17/04/2011 jam 14:02, oleh: , kategori: Kegiatan AIPNI

AIPNI bekerjasama dengan Tim KBK Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dan berbagai pihak telah beberapa kali mengadakan pelatihan penyusunan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) termasuk modul pembelajaran dan Softskills. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kemampuan dalam menyusun kurikulum KBK dan penerapannya dengan menggunakanStudent Centered Learning.

Pengurus AIPNI dan beberapa tim yang tergabung dalam tim kerja kurikulum yang berasal dari Badan Pekerja AIPNI telah mengadakan pertemuan dan merumuskan buku Kurikulum. Buku kurikulum ini disusun berdasarkan pelatihan dan pertemuan yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Landasan diterbitkannya buku ini adalah bervariasinya institusi pendidikan Ners di Indonesia sehingga untuk meminimalisasi variasi kualitas lulusan perlu disusun buku kurikulum yang dapat digunakan oleh institusi tersebut sehingga dapat menghasilkan lulusan yang setara.

Program Hibah Pengembangan Pendidikan Profesi (PHP3) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas 2008

Update: 17/04/2011 jam 14:02, oleh: , kategori: Kegiatan AIPNI

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2008 menyelenggarakan program Hibah untuk mengembangkan pendidikan profesi pada masing-masing bidang keilmuan. AIPNI sebagai salah satu Asosiasi Pendidikan Profesi mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan beberapa kegiatan dalam upaya mengembangkan kurikulum pendidikan profesi Ners di Indonesia.

Kegiatan yang telah dilakukan antara lain :

  1.  
    1. Tracer Study; untuk menjaring harapan pemangku kepentingan tentang kompetensi yang harus dimiliki lulusan.
    2. Miniloka Pendidikan Profesi I menyusun rancangan awal kurikulum profesi.
    3. Study Banding ke Filipina, mengunjungi Faculty of Nursing University of Phillipines, dan Adamson University di Manila.
    4. Miniloka Pendidikan Profesi II, merumuskan hasil studi banding, rancangan wal KBK profesi, dan asupan dari pakar kurikulum profesi kedokteran, dan pakar KBK DIKTI sendiri.
    5. Penyusunan Pedoman / Standar Kelayakan penyelenggaraan Pendidikan Ners di Indonesia.

Pada tahun 2009 ini, AIPNI menjadi salah satu Asosiasi profesi yang dilibatkan oleh Direktorat Jenderal DIKTI untuk merumuskan bentuk kegiatan pemberdayaan program akreditasi dan sertifikasi yang nantinya akan didukung oleh dana bantuan dari Bank Dunia dan akan diberlakukan pelaksanaannya sejak tahun 2009 – 2013. Kegiatan AIPNI berfokus pada program akreditasi pendidikan.

Sampai sejauh ini, AIPNI telah mengusulkan beberapa kegiatan untuk para anggota yang dananya bersumber dari program bantuan tersebut, antara lain; proses finalisasi standar kelayakan pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan, pemantapan dan pembinaan institusi berdasarkan wilayah, pelatihan akreditasi (borang) bagi anggota, program memotivasi anggota untuk mengajukan akreditasi, lokakarya penyusunan/penyempurnaan instrumen akreditasi profesi, penyempurnaan KBK sarjana, penyusunan lanjutan KBK profesi, dan seleksi calon asesor BAN – PT.

Benchmarking ke Beberapa Negara di Asia dan Australia

Update: 17/04/2011 jam 14:02, oleh: , kategori: Kegiatan AIPNI

BenchmarkingBenchmarking 2

Salah satu misi AIPNI adalah meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi Keperawatan, oleh karena itu AIPNI mengadakan kegiatan Benchmarking ke negara-negara tetangga yang diperkirakan pendidikan keperawatan telah lebih maju. Negara-negara yang telah dikunjungi adalah Malaysia, Thailand, Australia, China dan Filipina.

II.1   Bechmarking ke Malaysia
Dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 24 Oktober 2003 dengan jumlah peserta sebanyak 27 orang. Tujuan lawatan meliputi :

  1. Mempelajari Hospital dengan paperless (Total Health Information System = THIS)
  2. Mempelajari segi Management Financial, Human Resources, Nursing.
  3. Mempelajari segi menjaga mutu hospital (Total Quality Management and Quality Assurance of Hospital )
  4. Mempelajari edukasi di Hospital UKM untuk candidate Doctor and Nurse.

II.2  Benchmarking ke Thailand
Dilaksanakan pada tanggal 30 September s.d 4 Oktober 2005 dengan jumlah peserta 25 orang. Tujuan lawatan yaitu memperluas wawasan dalam penyelenggaraan pendidikan Ners yang berkualitas dan mendapat pengakuan global.

benchmarking

II.3   Benchmarking ke Australia
Dilaksanakan pada Agustus 2006 dengan jumlah peserta 20 orang dari berbagai institusi pendidikan Ners di Indonesia. Benchmarking ini merupakan kunjungan kerjasama AIPNI dengan Nursing Board of Victoria (NBV). Tujuan lawatan ke Australia  meliputi :

  1. Mengidentifikasi sistem penyelenggaraan pendidikan di Melbourne.
  2. Mengidentifikasi manajemen operasional praktik mahasiswa di rumah sakit.
  3. Mengidentifikasi hubungan kerjasama pendidikan pelayanan.

Kegiatan ini murni didanai dari Nursing Board of Victoria.

II.4  Benchmarking ke China dan Hongkong
Dilaksanakan pada 28 Agustus s.d 2 September 2007 dengan jumlah  peserta 25 orang. Tujuan lawatan meliputi :

  1. Mempelajari sistem penyelenggaraan pendidikan  perawat.
  2. Mempelajari sistem dan mekanisme koordinasi antara penyelenggara pendidikan dan pelayanan yang menjadi tatanan praktik.
  3. Mempelajari sistem manajemen layanan kesehatan di Rumah Sakit yang salah satu kontributornya adalah peserta didik keperawatan.

Rapat Koordinasi AIPNI dan PPNI

Update: 17/04/2011 jam 14:02, oleh: , kategori: Kegiatan AIPNI

Rapat Kerja AIPNI dan PPNI dan Forum D3 Keperawatan DKI Jakarta pada tanggal 18 Januari 2010. Rapat dihadiri oleh :

  • Ketua AIPNI dan Tim
  • Pengurus Pusat PPNI
  • Forum Komunikasi Pendidikan D3 Keperawatan

Pertemuan ini membahas mengenai tindak lanjut penyusunan leveling kompetensi.

Rapat Kerja AIPNI dan PPNI dan Forum D3 Keperawatan DKI Jakarta pada tanggal 29 – 30 Desember 2009. Rapat dihadiri oleh :

  • Ketua AIPNI dan Tim
  • Pengurus Pusat PPNI
  • Forum Komunikasi Pendidikan D3 Keperawatan

Pertemuan ini membahas mengenai pengembangan kompetensi lulusan program studi ilmu keperawatan di perguruan tinggi.

Rapat Koordinasi AIPNI dan PPNI dan Forum D3 Keperawatan DKI Jakarta pada tanggal 4 Februari 2008. Rapat dihadiri oleh :

  •  
    • Pengurus Inti AIPNI
    • Badan Pekerja AIPNI
    • Pengurus Pusat PPNI
    • Forum D3 Keperawatan yang diwakili oleh STIK St. Carolus dan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pertemuan ini membahas rumusan kompetensi dan kewenangan setiap jenjang pendidikan keperawatan

  • Semiloka Nasional kerjasama dengan PPNI dilaksanakan pada tahun 1983 dan telah menghasilkan beberapa kesepakatan tentang penyelenggaraan pendidikan profesi.

Berita terbaru

Anggota AIPNI terbaru (289 )