AD/ART AIPNI

Download file Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (The Association of Nurse Education Center)

VISI

Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia memiliki visi menjadi wadah institusi penyelenggara pendidikan yang berorientasi pada upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat, pengembangan teknologi dan ilmu keperawatan melalui penyelenggaraan proses pendidikan Ners yang berwawasan global.

MISI

  1. Mewujudkan suatu sistem penyelenggaraan pendidikan Ners yang baku dan berstandar nasional atau internasional bagi seluruh anggotanya.
  2. Menjamin terselenggaranya perkembangan keilmuan, kualitas sumber daya, dan kegiatan riset pada semua pusat pendidikan Ners.
  3. Mewujudkan suatu hubungan kerjasama yang setara dengan institusi pendidikan Ners di negara lain.
  4. Mengendalikan pertumbuhan dan meningkatkan kualitas pendidikan Ners di Indonesia.

TUJUAN

Memberdayakan setiap institusi pendidikan Ners untuk menjadi penyelenggara pendidikan yang dapat menghasilkan Ners yang berkualifikasi setara, bermartabat tinggi, dan bermanfaat bagi masyarakat.

KATA PENGANTAR

Seiring dengan era globalisasi, perkembangan di bidang ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan teknologi kesehatan semakin tidak terbendung lagi. Selain itu, era globalisasi ini juga telah meningkatkan jumlah konsumen terdidik dan memiliki kemampuan untuk memilih, termasuk memilih pelayanan kesehatan yang diinginkannya.

Sebagai implikasi, semua tenaga yang dihasilkan oleh institusi pendidikan seyogyanya kompeten dan handal. Untuk itu, upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan perlu dilaksanakan secara terus menerus. Dengan demikian, tenaga kesehatan yang dihasilkan akan dapat memenuhi harapan konsumen.

Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) merupakan satu-satunya wadah bernaungnya institusi penyelenggara pendidikan Ners di Indonesia. Sampai dengan akhir tahun 2009, AIPNI memiliki 80 anggota yang tersebar di berbagai daerah yang telah memiliki komitmen bersama untuk mampu menyelenggarakan proses pendidikan secara berkualitas dan akan terus bertambah sampai seluruh institusi pendidikan Ners Indonesia bergabung dalam wadah AIPNI yang berjumlah 301 institusi.

Visi AIPNI adalah untuk menjadikan institusi penyelenggara pendidikan yang berorientasi pada upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat, pengembangan teknologi dan ilmu keperawatan melalui penyelenggaraan proses pendidikan Ners yang berwawasan global. Berbagai program telah dilaksanakan untuk dan dari para anggota sehingga secara bertahap setiap institusi penyelenggara menjadi setara dan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas pula.

Buku ini menjelaskan visi dan misi, serta berbagai AD/ART AIPNI. Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang AIPNI bukan hanya kepada para anggotanya tetapi juga kepada berbagai pihak sehingga diperoleh pemahaman yang lebih baik tentang penyelenggaraan pendidikan Ners di Indonesia dan upayanya mencapai kualitas yang diharapkan.

Jakarta,  Desember 2009

Prof. Dra. Elly Nurachmah, SKp., M.App.Sc.,DNSc., RN

Ketua AIPNI

Periode 2009 – 2013

 

ANGGARAN DASAR DAN

ANGGARAN RUMAH TANGGA

ASOSIASI INSTITUSI PENDIDIKAN NERS INDONESIA (AIPNI)

MUKADIMAH

Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan  didorong oleh keinginan luhur untuk meningkatkan kualitas pendidikan Ners di Indonesia dalam suasana berkehidupan dan kebangsaan yang bebas menuju terciptanya masyarakat yang sehat sejahtera berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, maka kami membentuk wadah yang disebut Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia disingkat AIPNI.

Keperawatan sebagai profesi mandiri menyadari akan hak dan kewajibanya untuk berperan dalam berbagai kegiatan yang menunjang terwujudnya kesejahteraan  masyarakat melalui kegiatan pelayanan dan asuhan keperawatan yang komprehensif kepada; individu, keluarga, kelompok dan masyarakat di berbagai tatanan pelayanan kesehatan.

Pendidikan tinggi keperawatan merupakan suatu proses yang penting dilakukan secara terstruktur dan bertanggung jawab untuk menghasilkan tenaga-tenaga Ners yang handal, kompeten, belajar terus menerus, dan mampu merespon kebutuhan masyarakat baik secara lokal, nasional, maupun global. Untuk itu institusi penyelenggara program pendidikan tinggi keperawatan memerlukan keselarasan, kesinambungan, dan keteraturan dalam berbagai upaya peningkatan serta pendayagunaan berbagai sumber  agar berdaya guna dan berhasil guna. Dengan demikian program pendidikan Ners dapat memberikan dampak dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan masyarakat.

Bahwa untuk mencapai keinginan tersebut disusunlah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia sebagai pedoman organisasi.

 

THE ASSOCIATION OF INDONESIAN

NURSE EDUCATION CENTER

(AINEC)

 

 

Anggaran Dasar dan

Anggaran Rumah Tangga

 

ANGGARAN DASAR

ASOSIASI INSTITUSI PENDIDIKAN NERS INDONESIA

BAB I

IDENTITAS ORGANISASI

 

Pasal 1

Nama Organisasi

Organisasi  ini bernama Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (The Association of Indonesian Nurse Education Center) dengan singkatan AIPNI/AINEC.

Pasal 2

Bentuk Organisasi

Organisasi ini berbentuk asosiasi yang beranggotakan institusi pendidikan tinggi keperawatan.

Pasal 3

Waktu Pendirian

AIPNI didirikan di Jakarta pada tanggal 29 Juni 2001 untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Pasal 4

Kedudukan

Kesekretariatan AIPNI berkedudukan di ibu kota Negara Republik Indonesia.

Pasal 5

Lambang Organisasi

Lambang organisasi berupa gambar buku yang diterangi oleh api lilin dengan lingkaran biru dan dibawahnya tertera  tulisan AIPNI.

BAB II

LANDASAN

Pasal 6

AIPNI  berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

 

BAB III

SIFAT, AZAS , TUJUAN DAN PERAN

 

Pasal 7

Sifat

AIPNI berorientasi pada kebutuhan anggota dan masyarakat dalam mewujudkan sistem penyelenggaraan pendidikan ners berstandar nasional dan internasional, menjamin terselenggaranya perkembangan keilmuan, kualitas sumber daya dan kegiatan riset pada semua pusat pendidikan ners, menjalin kerjasama setara dengan institusi pendidikan ners di negara lain serta mengendalikan pertumbuhan dan kualitas pendidikan ners di Indonesia.

 

Pasal 8

Azas

AIPNI berazaskan kaidah dan nilai-nilai yang terkandung dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi keperawatan serta nilai profesi keperawatan.

 

Pasal 9

Tujuan

AIPNI bertujuan memberdayakan setiap institusi pendidikan ners menjadi penyelenggara pendidikan yang menghasilkan ners berkualitas, bermartabat dan bermanfaat bagi masyarakat melalui konstribusi individu, maupun kelompok dalam pengembangan keilmuan dan tehnologi keperawatan untuk kepentingan masyarakat.

Pasal 10

Peran

(1)           AIPNI sebagai mitra pemerintah, organisasi profesi perawat nasional  dan lembaga lain dalam pengaturan dan penyelenggaraan institusi pendidikan keperawatan.

(2)           AIPNI berperan sebagai pusat pembinaan penyelenggaraan pendidikan ners di Indonesia, penelaah kebijakan yang berlaku bagi pendidikan tinggi keperawatan, inisiator kerjasama dengan pusat pendidikan ners di luar negeri, pemprakarsa berbagai aspek dalam sistem penyelenggaraan pendidikan ners di Indonesia.

 

BAB IV

KEGIATAN

 

Pasal 11

(1)           Menyelenggarakan sistem dan mekanisme informasi tentang penyelenggaraan dan kegiatan ners di Indonesia.

(2)           Melakukan pembinaan dan pengembangan pada setiap institusi pendidikan ners secara berkala baik yang berupa pembinaan SDM, teknis maupun pembentukan karakter.

(3)           Menelaah berbagai kebijakan dan peraturan pendidikan tinggi keperawatan dan peraturan / kebijakan kesehatan terkait.

(4)           Menginisiasi kemungkinan kerjasama setara dengan pusat pendidikan ners di luar negeri untuk kepentingan seluruh anggota.

(5)           Memperjuangkan dan mempertahankan kepentingan sistem pendidikan ners agar mencapai tingkat standard

(6)           Membantu pemerintah dalam pengembangan program-program yang terkait dengan pendidikan ners di Indonesia.

(7)           Melaksanakan upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat serta kesejahteraan pusat-pusat pendidikan ners di Indonesia.

(8)           Memberikan asupan dan rekomendasi kepada pemerintah tentang pendidikan ners di Indonesia.

 

BAB V

KEANGGOTAAN

 

Pasal 12

Macam Keanggotaan

Anggota AIPNI terdiri dari :

(1)           Anggota Biasa

(2)           Anggota Luar Biasa

 

BAB VI

ORGANISASI

 

Pasal 13

Kedaulatan

Kedaulatan berada pada rapat umum anggota (RUA) yang penyelenggaraannya diatur pada anggaran rumah tangga.

 

Pasal 14

Struktur Pengurus

Struktur pengurus AIPNI adalah :

(1)           Pengurus harian terdiri dari : Ketua, Sekretaris, Bendahara, Ketua Bidang dan Ketua Regional.

(2)           Pengurus Pleno terdiri dari seluruh pengurus AIPNI.

 

Pasal 15

Bidang Kerja

AIPNI memiliki bidang kerja :

(1)           Organisasi

(2)           Kurikulum & Kebijakan Pendidikan,

(3)           Penjaminan Mutu,

(4)           Pengembangan dan Penelitian,

(5)           Kerjasama dan hubungan luar negeri.

 

BAB VII

KEUANGAN ORGANISASI

 

Pasal 16

Sumber keuangan untuk menyelenggarakan kegiatan AIPNI berasal dari :

(1)           uang pangkal keanggotaan

(2)           iuran wajib anggota

(3)           sumber lain yang sah dan bersifat tidak mengikat

 

BAB VIII

PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN PEMBUBARAN

 

Pasal 17

Perubahan Anggaran Dasar

Perubahan anggaran dasar hanya dapat dilaksanakan oleh Rapat Umum Anggota.

 

Pasal 18

Pembubaran

Pembubaran AIPNI  hanya dapat dilakukan oleh Rapat Umum Anggota yang dilaksanakan secara khusus berdasarkan usulan lebih dari setengah jumlah anggota AIPNI.

 

BAB IX

PENGESAHAN DAN ATURAN TAMBAHAN

 

Pasal 19

Pengesahan

Pengesahan anggaran dasar AIPNI ditetapkan pada Rapat Umum anggota.


Pasal 20

Aturan Tambahan

Hal-hal yang belum diatur dalam anggaran dasar ini akan dimuat dalam anggaran rumah tangga atau peraturan/ketentuan lain sepanjang tidak bertentangan dengan anggaran dasar ini.


ANGGARAN RUMAH TANGGA

ASOSIASI INSTITUSI PENDIDIKAN NERS INDONESIA

 

BAB I

KEANGGOTAAN

 

Pasal 1

Keanggotaan

1.       Anggota biasa AIPNI adalah setiap institusi pendidikan ners yang  memiliki ijin penyelenggaraan pendidikan ners secara  resmi dari pemerintah Indonesia dan dinyatakan menjadi anggota melalui tata cara penerimaan anggota.

2.       Anggota luar biasa AIPNI adalah institusi non-pendidikan ners yang memiliki komitmen dan kontribusi yang tinggi terhadap perkembangan pendidikan ners di Indonesia dan telah disetujui oleh rapat pengurus harian dan disahkan dalam Rapat Tahunan Anggota (RTA).

 

Pasal 2

Tatacara Penerimaan Anggota

(1)           Pendaftaran anggota biasa :

a.       Mengajukan permohonan tertulis sebagai anggota.

b.       Mengisi formulir pendaftaran anggota.

c.       Mengirimkan persyaratan dan dokumentasi institusi.

d.       Bersedia diverifikasi oleh tim yang dibentuk oleh pengurus AIPNI.

e.       Menandatangani persetujuan, mentaati dan melaksanakan  AD dan ART AIPNI.

f.         Bersedia aktif mengikuti kegiatan yang diselenggarakan AIPNI.

g.       Membayar uang pangkal dan iuran wajib tahunan anggota serta iuran lain sesuai ketentuan.

 

Pasal 3

Hak dan Kewajiban Anggota

(1)           Hak Anggota Biasa

a.       mengeluarkan pendapat / mengajukan usul baik lisan maupun tertulis kepada AIPNI.

b.       mengikuti rapat-rapat yang diselenggarakan oleh AIPNI.

c.       mengikuti kegiatan-kegiatan  AIPNI.

d.       memilih dan atau dipilih menjadi pengurus AIPNI.

e.       mendapatkan pembinaan dari AIPNI.

 

(2)           Kewajiban anggota biasa :

a.       membayar uang pangkal keanggotaan dan iuran wajib.

b.       mematuhi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga AIPNI.

c.       menjunjung tinggi dan melaksanakan hasil Rapat Umum Anggota.

d.       mempertahankan kehormatan dan martabat AIPNI.

(3)           Hak Anggota Luar biasa

a.       mengeluarkan pendapat / mengajukan usul baik lisan maupun tertulis kepada AIPNI.

b.       mengikuti rapat-rapat yang di selenggarakan AIPNI.

 

(4)           Kewajiban anggota luar biasa:

a.       mematuhi anggaran dasar dan anggaran rumahtangga AIPNI.

b.       menjunjung tinggi dan melaksanakan hasil Rapat Umum Anggota.

c.       mempertahankan kehormatan dan martabat AIPNI.

 

Pasal 4

Sanksi

(1)           Pemberian sanksi dilakukan melalui beberapa tahapan :

a.       Peringatan lisan

b.       Peringatan tertulis

c.       Pencabutan status keanggotaan

(2)           Apabila peringatan lisan tidak di indahkan maka  akan diberikan peringatan secara tertulis.

 

(3)           Apabila peringatan tertulis sejak tanggal diterbitkan surat peringatan sampai masa 1 (satu) tahun tidak di indahkan maka secara otomatis akan di cabut status keanggotaanya.

(4)           Anggota AIPNI yang diberikan sanksi pencabutan status keanggotaanya dapat mengusulkan pembelaan diri melalui rapat khusus.

 

Pasal 5

Pencabutan Keanggotaan

Pencabutan status keanggotaan  apabila :

a.       Melanggar AD-ART AIPNI

b.       Mencemarkan nama baik AIPNI

c.       Institusi penyelenggara pendidikan ners yang bersangkutan ditutup.

d.       Atas permintaan sendiri secara tertulis kepada ketua AIPNI.

 

BAB II

ORGANISASI

 

Pasal 6

Rapat -Rapat

(1)           Kegiatan rapat AIPNI terdiri dari:

a.       Rapat Umum Anggota (RUA)

b.       Rapat Tahunan Anggota (RTA)

c.       Rapat Pleno

d.       Rapat Pengurus Harian

e.       Rapat Khusus

f.         Rapat Bidang

g.       Rapat Regional

 

(1)           Rapat dinyatakan sah apabila dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 anggota.

(2)           Apabila rapat tidak memenuhi quorum maka rapat ditunda dan waktunya ditentukan kemudian walaupun tidak memenuhi quorum.

(3)           Pengambilan Keputusan mengutamakan musyawarah mufakat.

(4)           Apabila musyawarah mufakat tidak dapat dipenuhi maka dilakukan voting.

 

Pasal 7

Rapat Umum Anggota

(1)           Rapat Umum Anggota (RUA) merupakan kekuasaan tertinggi AIPNI dan merupakan pemufakatan anggota AIPNI.

(2)           Peserta RUA terdiri dari pengurus dan anggota AIPNI.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.